Denmark Punya Masjid Khusus Perempuan

The Mariam Mosque for Woman

The Mariam Mosque for WomanWarnaislam.or.id, — Sebuah khusus perempuan (Muslimah) didirikan di Copenhagen Denmark. Masjid bernama The Mariam Mosque (Masjid Maryam) itu dibangun atas inisiatif Sherin Khankan.

Menurut Khankan, pendirian masjid ini merupakan “proyek feminis” untuk memfasilitas ibadah perempuan Muslim.

“Masjid merupakan tempat yang didominasi pria dan patriarkal, panggung bagi pria, doa dipimpin oleh pria, seorang pria yang fokus dan mendominasi,” kata Khankan seperti dikutip Telegraph  (12/2/2016).

Khankan, satu dari empat imam perempuan di Denmark, mendapat ide mendirikan masjid untuk perempuan sekitar setahun lalu.

“Saya tidak pernah merasa nyaman seperti di rumah saat berada di masjid-masjid. Masjid besar yang baru itu sangat indah, namun saya merasa jadi orang asing ketika di sana,” katanya.

Meski dibangun sebagai tempat ibadah khusus Muslimah, masjid ini tetap terbuka untuk para pria yang ingin beribadah.  Masjid  dikhususkan untuk perempuan setiap Jumat malam.

Ketua Pusat Islam Danish, Waseem Hussein, menyatakan dirinya memahami apa yang dirasakan perempuan seperti Khankan. Namun, ia mempertanyakan, kenapa perlu ada masjid khusus untuk perempuan.

“Apakah kami juga membuat masjid hanya untuk pria? Itu akan menimbulkan protes antar sesama populasi Danish,” kata Hussein dikutip laman Politiken.

Di Copenhagen, masjid pertama berdiri tahun 2014. Ada sekitar 270 ribu umat Muslim tinggal di Denmark.*

Related Post