Apa yang Dimaksud Dunia Lain & Bagaimana Menyikapinya?

dunia

duniaTANYA: Assalamu’alaikum Wr Wb. Sebenarnya dunia lain itu ada ‘ga sih?. Terus wajib ga sih kita mempercayainya dunia lain? Bagaimana sikap kita  terhadap dunia lain?

JAWAB: Wa’alaikum salam Wa Wb. Dalam perspektif Islamn, dunia lain itu ada. Yang dimaksud dengan “dunia lain” itu adalah Alam Gaib, yakni kehidupan yang tidak kasat mata, tidak terlihat oleh mata manusia normal. seperli alam kubur, alam kehidupan jin dan setan, juga alam atau kehidupan malaikat.

Mempercayai alam ghaib termasuk Rukun Iman atau ciri orang beriman: “…dan mereka yang mengimani hal-hal gaib…” (QS.  Al-Baqarah:3).

Realisasi keimanan kepada alam gaib antara lain adanya keyakinan akan adanya malaikat penyampai wahyu (Jibril), adanya malaikat pencatat amal baik dan buruk (Rakib Atid), adanya penjaga surga dan neraka, dan sebagainya.

Realisasi iman kepada alam gaib juga yakin adanya  jin dan setan yang tidak bisa dilihat manusia, kecuali penampakkannya, yakin adannya bisikan setan yang selalu menggoda manusia ke jalan sesat.

Umat Islam wajib memandang setan sebagai musuh karena tugasnya menjerumuskan manusia ke jurang maksiat dan dosa. Jin ada yang beriman dan ada yang kafir. Umat Islam tidak boleh bersekutu dengan jin dan setan. Wallahu a’lam bish-shawabi. (www.warnsialam.or.id).*

Dijawab oleh Tim Asatidz WI