Awal Puasa Ramadan 1437 H Senin 6 Juni 2016

ramadhan kareem

Ramadhan KarimAWAL puasa Ramadhan 1437 H mulai Senin 6 Juni 2016. Demikian ditetapkan tiga ormas Islam Indonesia –Muhammadiyah, Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al-Azhar, dan Al Washliyah.

Di kawasan Amerika Utara, otoritas Muslim setempat juga menetapkan awal puasa Ramadhan jatuh pada hari Senin 6 Juni 2016 sebagaimana dikutip aboutislam.net.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1437 H jatuh pada hari Senin, 6 Juni 2016 berdasarkan hasil hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al-Azhar Jakarta mengumumkan awal Ramadhan 1437 saat menggelar Seminar Majelis Mudzakarah penetapan awal Ramadhan dan Syawal 1437 H di Masjid Agung Al-Azhar yang menghadirkan pembicara ahli Prof. Dr. Thomas Djamaluddin (Pakar Astronomi dan Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional/LAPAN), Prof. Dr. Susiknan Azhari (Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah), Dr. KH. Slamet Hambali (Lajnah Falakiyah PBNU), dan para peserta dari berbagai ormas.

Ketua Umum YPI Al-Azhar Muhammad Suhadi mengatakan, kemungkinan besar tahun ini tidak akan ada perbedaan antar ormas maupun dengan pemerintah soal penentuan awal Ramadhan.

PB Al Washliyah menetapkan awal Ramadhan melalui Badan Hisab dan Rukyah (BHR) dalam Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) di Medan.

Ormas Islam Nahdlatul Ulama (PBNU) juga kemungkinan menetapkan awal Ramadhan Senin (6/5). Namun, PBNU seperti biasa menunggu hasil rukyah pada 5 Juni 2016.

Awal Ramadhan versi pemerintah akan ditetapkan dalam sidang penetapan (isbat) awal Ramadhan bersama MUI dan ormas-ormas Islam berdasarkan hasil hisab dan rukyah. Sidang dilaksanakan Minggu 5 Juni 2016. (Kompas/Sindonews/Hidayatullah/Republika).*

Leave a comment

Your email address will not be published.


*