Bandung Akan Punya Masjid Terapung Rancangan Ridwan Kamil

danau raksasa gedebage bandung

danau raksasa gedebage bandungWarnaislam.or.id — Kota akan memiliki  di atas danau raksasa buatan di kawasan Gedebage.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, proyek pembangunan segera dimulai tahun ini.

“Untuk masjid terapung Gedebage saat ini sedang tender DED (Detail Enginering Design). Setelah DED selesai (pembangunan) akan dimulai. Kira-kira Maret akan dimulai pembangunannya,” katanya kepada pers Senin (29/2/2016).

Menurut Aher -sapaan akrab Ahmad Heryawan, arsitek yang merancang pembangunan masjid itu adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil alias Kang Emil.

Emil merancang masjid itu tanpa bayaran sedikit pun. “Biaya gratisan. Beliau engga mau dibayar, katanya amal saleh,” ungkap Aher.

Di sekitar masjid yang berada di wilayah timur Kota Bandung ini juga akan dibangun pusat perbelanjaan, seperti hotel, restoran, mal, dan tempat hiburan. “Ini bisa jadi destinasi wisata baru di Bandung,” kata Aher.

Selain itu, akan dibangun juga museum bertema Islami. “Kita bangun museum Islam, museum Asmaul Husna, museum sejarah Islam, dan museum sejarah Nabi Mumammad SAW. Dengan hadirnya sejumlah fasilitas itu diharapkan dapat mengundang banyak orang, terutama generasi muda agar memahami aqidah Islam dengan benar,” kata Aher.

Luas kawasan masjid tersebut mencapai 40 hektare. Rinciannya, danau buatan sekitar 25 hektare, pelataran masjid 2,5 hektare, dan ruangan masjid 1 hektare. Sisanya untuk pembangunan mal, restoran, hotel, museum, taman, dan area bermain lainnya. Anggaran yang dibutuhkan mencapai triliunan.

Dari desain awal yang beredar, masjid terapung tersebut akan dibangun di sekitar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Danau buatan sendiri dimaksudkan untuk mengatasi banjir di kota Bandung, khususnya kawasan Bandung Timur yang akan menjadi lokasi pembangunan Bandung Teknopolis. (PRLM/Tribun Jabar).*