Dunia Islam Peringati Hari Jilbab Dunia World Hijab Day

Hari Jilban Sedunia - World Hijab Day

Hari Jilban Sedunia - World Hijab DayWarnaislam.or.id — Dunia Islam hari ini, Senin 1 Februari 2016, memperingati (). Hari Sedunia hari ini memasuki tahun keempat.

Hari Hijab Sedunia mulai diperingati 1 Februari 2013 dengan menyerukan perempuan non Muslim untuk menggunakan jilbab.

Dilansir situs resmi WHD, peringatan World Hijab Day digagas seorang perempuan asal New York, Nazma Khan. Ia menyebarkan gagasan ini melalui situs jejaring sosial dan menarik perhatian Muslim dan non-Muslim di lebih dari 50 negara di seluruh dunia.

Bagi banyak orang, hijab merupakan simbol penindasan dan perbedaan. Isu jilbab menjadi perdebatan mengenai Islam di negara-negara Barat.

Hari Hijab Sedunia dirancang untuk meredakan kontroversi itu dan mendorong perempuan non Muslim (atau perempuan Muslim yang tidak menggunakannya) untuk menggunakan dan mengalami seperti apa menggunakan jilbab, sebagai bagian dari upaya untuk saling memahami.

Salah satu organisasi yang turut menyemarakkan Hari Hijab Dunia adalah The Penn State Berks Muslim Student Association (MSA). Sebagaimana biasa digelar di kampus-kampus, mahasiswa Muslim mengajak kalangan mahasiswi non-Muslim untuk merasakan pengalaman berjilbab.

Mereka juga menampilkan tutorial mengenakan jilbab selama sehari. Tujuan utama World Hijab Day adalah membangun pemahaman bagi berjilbab sebagai simbol dan identitas keislaman mereka.*

Related Post