Gerakan Thawaf Terhenti, Hoax!

Hoax: Gerakan Thawaf Terhenti

Hoax: Gerakan Thawaf Terhenti Informasi Bohong alias Hoax tentang gerakan thawaf terhenti beredar di media sosial dan WhatsApp.

Hoax ini menyebutkan, gerakan thawaf di sekitar Ka’bah Masjidil Haram terhenti akibat penuhnya jamaah umroh saat bulan Ramadhan tahun ini.

Para netizen ramai membagi tautan video bertajuk “Pertama Kali dalam Sejarah Gerakan Thawaf Terhenti” yang diposting beberapa akun Youtube pada 29 Mei 2017.

Berdasarkan penelusuran tim duniatimteng.com, berita tersebut tidak ada dalam media-media resmi Arab Saudi maupun media mainstream Timur Tengah, seperti Al-Jazera, Al-Arabiya, ataupun Arab News.

Jika berita tersebut benar, seharusnya media-media Arab Saudi akan memberitakan peristiwa besar tersebut.

Dalam siaran live Tarawih dari Masjidil Haram Mekah pun terlihat suasana Ka’bah yang tidak terlalu padat hingga terjadi kemacetan dalam beberapa hari terakhir.

Justru ditemukan video sejenis yang diposting tanggal 5 September 2016 silam, sekitar musim haji tahun lalu.

Parahnya, media mainstream seperti Tribunnews justru memberitakan hoax ini.

“Pertama kali dalam sejarah gerakan tawaf terhenti tidak bisa bergerak karena Masjidil Haram yang sudah diperluas tidak mampu lagi menampung,” tulisnya.

Dalam video tersebut, tampak jutaan umat Islam yang sedang beribadah di Masjidil Haram. Masjid penuh sesak sehingga arus lalu lintas manusia tersendat.*

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published.


*