Kampus di Inggris Gelar Pekan Kesadaran Islam

muslim-di-inggris

muslim-di-inggrisWarnaislam.or.id, Inggris — Mahasiswa Muslim di Universitas Essex, Colchester, Inggris, yang tergabung dalam Islamic Sociery (ISOC), termasuk dari Indonesia menggelar Pekan Kesadaran Islam (Islamic Awareness Week) untuk meningkatkan integritas pelajar Muslim yang menuntut ilmu di negara tersebut.

Menurut Sekretaris PPI Essex, Hasna Azmi Fadhilah, dalam acara itu juga digelar konferensi ISOC dengan mengusung tema ‘Hakikat Keharmonisan Umat Beragama’ dalam Islam.

Menurut mahasiswa asal Indonesia ini, acara yang digelar untuk kesembilan kalinya mendapat sambutan dari kalangan mahasiswa Universitas Essex.

‘Islamic Awareness Week’ bertujuan untuk meningkatkan integritas pelajar Muslim di Essex juga meluruskan kesalahpahaman tentang Muslim yang terjadi di kalangan publik negara-negara Barat. Selama lima hari, ISOC menyediakan pamflet, poster, dan berbagai sumber bacaan lain untuk memberikan pencerahan bagi mahasiswa, baik Muslim maupun non-Muslim.

Pada puncak acara di gedung Ivor Crewe Hall digelar seminar dengan menampilkan pembicara Abdullah Al Andalusi, seorang intelektual Muslim dan mualaf Yvonne Riddley yang berprofesi sebagai jurnalis berkebangsaan Inggris.

Abdullah Al Andalusi mengangkat kisah Muhammad dan Nabi Isa (Jesus dalam kristiani) yang memiliki banyak kesamaan dalam nilai-nilai ajarannya. Walaupun berbeda masa, keduanya selalu berpesan pada umatnya agar terus berbuat baik dan menyayangi sesama.

“Tak lupa pula, untuk menghormati sesama dan saling memaafkan. Hal ini tentu bertentangan dengan kesalahpahaman yang banyak terjadi sekarang dimana antar umat beragama, terutama antara pemeluk agama Kristen dan Islam bertikai hanya karena berbeda pendapat,” kata Hasna seperti dikutip Antara.

Dalam waktu bersamaan, masjid-masjid di Inggris juga menggelar Open House dengan mengundang warga non-Muslim untuk datang ke masjid dan mengenal Islam.

Dilansir BBC, puluhan masjid di Inggris membuka pintu untuk warga non-Muslim pada akhir pekan ini, sebagai bagian dari upaya untuk menangkal persepsi negatif terhadap Islam dan komunitas Muslim.

Dewan  (MCB) mengatakan, program Visit My Mosque Day ini diikuti oleh lebih dari 80 masjid.

Acara serupa yang diselenggarakan tahun lalu diikuti oleh 20 masjid dan ratusan warga non-Muslim ambil bagian untuk melihat langsung kegiatan komunitas Muslim di masjid.

Para pengunjung bisa melihat langsung interior masjid, beberapa di antaranya adalah bekas gereja, dan bagaimana orang-orang Islam berwudu dan menjalankan salat.

“Ini adalah kesempatan yang baik bagi komunitas Muslim untuk menjelaskan secara langsung kepada warga Inggris lain tentang Islam. Dengan begitu warga Inggris tak hanya membaca berita-berita negatif (soal Islam) di media,” demikian pernyataan MCB.

Jumlah Muslim Inggris tahun 2011 mencapai sekitar 2,7 juta orang atau sekitar 4,5% dari total penduduk. Saat ini Jumlah Muslim Inggris Lampau Angka 3 Juta untuk Pertama Kalinya.*

Related Post