Mother Mosque – Masjid Tertua di Amerika Serikat

Mother Mosque

Mother MosqueMother Mosque di 1335 NW 9th Street, Cedar Rapids, Iowa, adalah masjid tertua di Amerika Serikat.

Warnaislam.or.id, Amerika Serikat — Mother Mosque dibangun sejak abad ke-19. Saat itu banyak imigran Kristen dan Muslim dari Suriah dan Libanon datang ke Amerika Serikat. Sebagian besar dari mereka menetap di daerah Cedar Rapid, negara bagian Iowa.

Tahun 1934, seluruh umat Muslim yang tinggal di sana berkumpul dan mulai membangun sebuah tempat untuk mereka beribadah, yaitu Mother Mosque.

Selain sebagai tempat beribadah, masjid ini juga mereka jadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara kebudayaan mereka.

Pembangunan masjid selesai pada 15 Februari 1934. Tahun 1990 pihak Islamic Council of Iowa membeli bangunan ini untuk direnovasi dan dipermanenkan sebagai pusat kebudayaan Muslim (cultural center).

Tokoh Muslim setempat yang berperan dalam manajemen masjid a.l. Imam Taha Tawil, Dr. Thomas B. Irving, Dr. Mohammad Islami, Dr. M. Eyad Dughly, Don Singer, dan Albert Aossey.

Saat pertama selesai dibuat, bangunan masjid Mother Mosque tidak nampak seperti masjid, malah terlihat seperti bangunan gereja. Tidak ada elemen arsitektur Islam di dalamnya, selain kubah kecil berwarna hijau yang terletak di pintu masuknya.

Hanya tulisan berbahasa Inggris dan Arab yang menandakan kalau bangunan itu adalah sebuah masjid. 

Mother Mosque terdiri dari 2 lantai. Lantai pertama merupakan ruang utama untuk shalat. Lantai kedua dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan kegiatan-kegiatan umat Islam.

Jumlah Muslim di Iowa sekitar 700 orang dari 30 negara berbeda. Keaslian bangunan Mother Mosque ini telah menjadi pusat kebudayaan dan sejarah Islam di Amerika. tahun 1996 masjid ini telah masuk ke dalam daftar bangunan bersejarah di Amerika Serikat.*

Sumber:
http://islam.about.com/od/mosques/p/mothermosque.htm
http://www.mothermosque.org/

Related Post