Sadiq Khan Jadi Wali Kota Muslim Pertama London

Sadiq Khan

Sadiq KhanInggris — Politisi Muslim dari Partai Buruh, Sadiq Khan, terpilih sebagai Muslim pertama yang jadi Wali Kota London.

Pria berusia 45 tahun ini merupakan calon terpopular di antara 10 kandidat lainnya. Dalam jajak pendapat menjelang pemilihan, ia juga unggul dari saingan terkuatnya, Zac Goldsmith dari Partai Konsevatif.

Dilansir The Guardian, Sabtu (7/5/2016), Khan unggul atas Goldsmith dengan meraih 57% suara hasil pemilihan Kamis (6/5). Goldsmith meraih 43% suara.

Rinciannya, Sadiq Khan meraih 1,310,143 suara dan Goldsmith 994,614 suara.

Sadiq Khan sendiri akan menggantikan Wali Kota London sebelumnya, Boris Johnson, yang telah memimpin London selama dua periode.

Kemenangan Sadiq Khan sendiri menandai babak baru kota London karena untuk pertama kalinya dipimpin seorang Muslim. Analis politik menilai, terpilihnya Khan menandakan menguatnya politik umat Islam di Inggris.

Khan merupakan seorang anak imigran Pakistan yang menjadi sopir bus di Kota London. Ia berasal dari keluarga kelas menengah dan pernah menjadi seorang pengacara dalam kasus HAM.

Sumber suara Khan tidak hanya dari warga Muslim London, tapi juga kaum Sikh, Hindu, termasuk warga India dan  imigran Asia-Afrika.

Khan yang lahir di London pada tahun 1970 dibesarkan di rumah susun dengan enam kakak dan adik perempuannya di Tooting, daerah di London selatan dengan etnis beragam.

“Cerita saya adalah cerita tentang London. Ayah saya adalah seorang supir bus dan ibu saya penjahit. London memberikan saya kesempatan untuk berkembang, dari rumah susun dan menjalankan usaha yang berhasil dan menjabat di kabinet,” kata Khan, anggota parlemen pihak oposisi, Partai Buruh, dalam situsnya seperti dikutip BBC.

Sebelumnya, Sadin Khan juga menjadi menteri Muslim pertama di Inggris (2008). Perdana Menteri saat itu, Gordon Brown, mengangkatnya sebagai menteri komunitas sebelum menjadi menteri transportasi.*

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published.


*