Sejumlah Negara Islam Putuskan Hubungan dengan Iran

saudi vs iran

saudi vs iranWarnaislam.or.id — Pemerintah Kerajaan  bersama Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Sudan memutuskan hubungan diplomatik dengan .

Keputusan itu diambil pemerintah negara-negara Islam (berpenduduk mayoritas Muslim) tersebut setelah kedutaan Arab Saudi di Teheran diserang para demonstran yang marah akibat eksekusi seorang ulama Syiah, Nimr al-Nimr, oleh Saudi.

Seperti dilansir Deutsche Welle, Uni Emirat Arab yang berselisih dengan Iran soal sejumlah pulau di Selat Hormuz juga menurunkan status hubungan diplomatik dengan mengganti jabatan duta besar dengan perwakilan sementara.

Tidak lama setelah Bahrain mengumumkan sikapnya, Sudan juga mengikuti dengan mengusir duta besar Iran dari Khartoum.

Sebuah pernyataan oleh Kementerian Luar Negeri Sudan menyebut negaranya telah memutuskan hubungan dengan Iran. Pemerintah di Khartoum berulangkali mengritik Iran sejak beberapa bulan terakhir.

Keputusan Bahrain memutuskan hubungan dengan Iran diambil setelah salah satu kantor perwakilannya di Mashhad diserbu massa. Di Iran sendiri penyerbuan tersebut dikiritik sebagai gol bunuh diri lantaran mengalihkan perhatian dari isu eksekusi terhadap Syeikh Nimr al-Nimr.

Serbuan terhadap kantor perwakilan asing di Iran sudah berulangkali terjadi, antara lain serangan terhadap Kedutaan Inggris 2011 dan penyanderaan diplomat AS pasca Revolusi Islam 1979.

Pemutusan hubungan diplomatik oleh Arab Saudi hari Minggu (3/1/2016) bisa berdampak pada ibada haji bagi warga Iran.

Seperti dilansir Kantor Berita ISNA, karena misi-misi diplomatik Saudi di Iran ditutup, akan sangat sulit bagi warga Iran untuk mendapatkan visa haji.

Ketika Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran 1988-1991, Iran melarang warganya menunaikan haji.*

Related Post