Survei: Simpatisan ISIS di Dunia Muslim Sedikit

ISIS ISILISIS tidak mendapat tempat di hati mayoritas Muslim Indonesia, Turki, Nigeria, Burkina Faso, Malaysia, Senegal, dan negara Muslim lain.

Warnaislam.or.id — Mayoritas umat Islam di seluruh dunia memiliki pandangan negatif tentang kelompok Islamic State of Syria and Iraq (ISIS) atau Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL). Simpatisan kelompok ini pun minim.

Survei Pew Research Center Amerika Serikat menunjukkan, mayoritas Muslim berpandangan sangat negatif terhadap ISIS. Survei dilakukan di 11 negara berpenduduk Muslim signifikan, termasuk Nigeria, Yordania, dan Indonesia.

“Hasil survei di tiap negara tidak ada yang menunjukkan lebih dari 15 persen penduduk bersikap senang terhadap ISIS,” ujar Pew dalam ringkasan survei seperti dikutip laman World Bulletin (19/11/2015).
.
“Dalam kelompok negara yang beragam, enam dari 10 atau lebih berpendapat negatif terhadap ISIS, mencakup Indonesia, Turki, Nigeria, Burkina Faso, Malaysia dan Senegal,” kata Pew.

Di Libanon, negara yang berbatasan dengan wilayah yang dikuasai ISIS di Suriah, 100 persen responden berpendapat negatif terhadap kelompok itu. Di Malaysia, 67 persen Muslim berpandangan tidak senang pada ISIS.

Di Yordanian sebanyak 94% responden menyatakan sangat menentang kehadiran ISIS. Sebanyak 84% responden di Palestina juga berpandangan negatif tentang ISIS, baik Muslim Palestina di Gaza (92%) maupun di Tepi Barat (79%).

Di Nigeria ditemukan hanya 14% responden yang cenderung pro-ISIS, namun mayoritas (71%) menentangnya, seperti halnya mayoritas responden di Pakistan (62%).

Mayoritas Muslim dunia percaya ISIS bukan kelompok yang berjuang demi kehormatan dan kejayaan umat Islam, namun justru merusak citra Islam dan membuat umat Islam dunia menjadi bulan-bulanan media. Bahkan, banyak yang percaya, ISIS merupakan kelompok bentukan “luar Islam” sebagai strategi global untuk merusak citra Islam dari dalam dan menciptakan image Islam sebagai ancaman dunia.*

Related Post