Universitas di Yunani Buka Program Studi Islam

Aristotle University of Thessaloniki

Warnaislam.or.id, Aristotle University of ThessalonikiUniversitas Aristoteles Thessaloniki  membuka program  dengan nama “Pengantar Studi Islam”.  Kementerian Pendidikan Yunani sudah mengeluarkan surat keputusan untuk mengesahkan program ini.

Menurut surat kabar Kathimerini, Universitas Aristoteles membuka jurusan itu untuk 30-50 mahasiswa. Profesor dari berbagai departemen, seperti teologi, ilmu politik, dan arsitektur akan mengajar di program ini.

“Kami menghormati otonomi akademik universitas dan kami memberikan persetujuan selama tidak ada permasalahan hukum,” kata Menteri Pendidikan Yunani, Sia Anagnostopoulou, seeperti dikutip Republika dari Greek Reporter Senin (11/1).

Beberapa anggota Gereja Ortodoks Yunani, seperti Uskup Anthimos dari Thessaloniki, menyerukan unjuk rasa untuk memprotes program ini.

Sekretaris Jenderal Yunani untuk Urusan Agama, Giorgos Kalantzis, memandang pembukaan program studi ini sebagai refleksi atas realitas masyarakat Yunani.

“Meski sebagai negara kita memiliki minoritas Muslim pribumi dan kita juga adalah perbatasan Eropa dengan dunia Muslim, kita masih belum memiliki program studi Islam,” kata Kalantzis.*