Warna Islam: Satu Islam Banyak Muslim

islam-is-peace

islam-is-peaceWarna keislaman seseorang berbeda satu sama lain, sesuai dengan tingkat keimanan dan pemahaman keislamannya.

ISLAM itu satu, Muslim banyak. Islam adalah agama. Muslim adalah sebutan bagi penganut agama Islam.

Jadi, Islam dan Muslim itu berbeda. Yang satu ajaran, konsep, atau pandangan hidup. Yang lainnya adalah penganut, orang, individu, yang bisa saja salah memahami ajaran agamanya atau berperilaku menyimpang dari ajaran agamaya.

Karenanya, jangan samakan Islam dengan Muslim. Keduanya berbeda. Ajaran Islam tidak bisa dinilai dari perilaku individual kaum Muslim. Sikap atau tindakan kaum Muslim juga belum tentu mencerminkan ajaran Islam.

Selain itu, perilaku satu Muslim, juga belum tentu atau tidak mencerminkan kepribadian “seluruh” kaum Muslim. Maka, jangan menilai Islam dan kaum Muslim dari perilaku individu seorang Muslim.

Jika ada SATU orang Muslim berperilaku buruk, akal sehat dan semua orang normal pasti sependapat bahwa hal itu tidak lantas mewaliki sifat atau karakter Islam dan SELURUH Muslim.

Islam itu satu. Muslim banyak, beragam, baik dari segi jumlah maupun “warna”. Kita bisa menemukan ragam warna Islam dalam konteks pemahaman dan pengamalan, bahkan dalam satu keluarga Muslim yang tingga serumah sekalipun!

Warna keislaman seseorang berbeda satu sama lain, sesuai dengan tingkat keimanan dan pemahaman keislamannya.

Yang jelas, seorang Muslim secara ideal harus “tercelup” dengan karakteristik risalah Islam yang rahmatan lil ‘alamin, menebar keselamatan, mencegah kerusakan, mengutamakan maslahat (kebaikan), dan hal positif lainnya. How colored are you? Wasalam. (www.warnaislam.or.id).*

Related Post